HONDA MULAI PRODUKSI KOMPONEN VENTILATOR UNTUK PASIEN CORONA


TEMPO.CO , Jakarta - Honda North America Inc. mulai memproduksi dan mengirimkan komponen-komponen untuk pembuatan ventilator yang sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien virus corona atau COVID-19.

Dalam produksi tersebut, Honda bekerja sama dengan Dynaflo Inc. untuk meningkatkan produksi kompresor diafragma buatan Dynaflo, serta komponen utama ventilator portabel yang digunakan di rumah sakit Amerika Serikat (AS).

Rick Schostek, Wakil Presiden Eksekutif, Honda North America, mengatakan Honda telah mengubah sebagian dari lokasi pusat pelatihan teknisnya di Marysville, Ohio, AS, menjadi lokasi perakitan komponen ventilator.

"Dengan pasokan kami untuk komponen utama Dynaflo, kami berharap dapat membantu mengatasi salah satu kebutuhan paling mendesak dalam krisis COVID-19," ujarnya dilansir dari laman resmi media Honda, Jumat, 1 Mei 2020.

Dia menyatakan Honda bertujuan memproduksi 10.000 kompresor per bulan setelah produksi mencapai kapasitas penuh. Honda dan Dynaflo berharap dapat mempertahankan produksi kompresor ini hingga akhir Agustus 2020.

Sementara itu, Dynaflo sebelumnya telah membuat kompresor canggih dengan laju sekitar 75 per minggu sebelum krisis Covid-19 menyebar di AS. Dynaflo pun membutuhkan bantuan besar agar dapat meningkatkan kapasitas produksinya.

Dynaflo dan Honda bermitra dengan Stop the Spread, sebuah koalisi lebih dari 1.500 CEO sukarela yang bekerja di Washington, DC dan di seluruh AS untuk mengkatalisasi tindakan dan mendukung pemerintah dalam menanggapi pandemi.

William Fleming, Presiden Dynaflo, menyatakan penggabungan teknologi kompresor diafragma Dynaflo dengan keahlian Honda dalam produksi massal diyakini dapat memenuhi kebutuhan di saat krisis saat ini.

Untuk memastikan konsistensi dan kualitas, lanjutnya, karyawan Honda telah bekerja sama dengan karyawan Dynaflo untuk mempelajari praktik terbaik dalam perakitan kompresor. Pelatihan ini memberikan kemampuan dan kualitas pengujian kepada para rekanan Honda sebelum melakukan pengiriman.